Marhaban ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak terasa kurang dari satu minggu lagi sudah memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H. Tentunya semua muslim telah menunggu bulan suci tersebut datang untuk lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa dan berlomba-lomba untuk menyempurnakan ibadahnya. Sebelum bulan Ramadhan, kami dari MMC mohon maaf jika ada kesalahan dan semoga ibadah di bulan Ramadhan nanti bisa mendapat berkah dan ampunan dari Allah SWT. Aamiin.
Menjelang datangnya bulan Ramadhan dan pada bulan Ramadhan banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh warga di kampung. Sebagai contoh kegiatan-kegiatan menjelang bulan Ramadhan di Kampung Candisari adalah pembacaan Surat yasin dan tahlil secara bergilir dari rumah ke rumah setelah melaksanakan sholat Isya, kegiatan tersebut biasa disebut 'Ruwahan'. Mungkin disebut ruwahan karena kegiatan itu dilakukan pada bulan ruwah sehingga mudah diingat. Ruwahan sudah dilakukan secara turun temurun dari para sesepuh kampung, bisa dikatakan ruwahan merupakan salah satu adat di kampung candisari. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, peserta/warga yang mengikuti ruwahan semakin sedikit, mereka lebih sibuk dengan urusan masing-masing 😔 , semoga di kampung-kampung lain masih rame yaa 😁.Selain ruwahan, ada juga 'sedekahan', 'nyadran', pengajian menjelang bulan suci Ramadhan yang tentunya juga dilaksanakan dibeberapa kampung lainnya. Semoga kegiatan-kegiatan menjelang bulan Ramadhan di beberapa kampung tersebut dapat kita lestarikan karena merupakan suatu adat yang perlu kita jaga.

Sedekahan

Kita lanjut ke agenda kegiatan pada bulan Ramadhan di Kampung Candisari. Pada bulan Ramadhan kali ini MMC sudah mengagendakan beberapa kegiatan diantaranya :

1. Pasar Ramadhan
    Pada agenda kegiatan tersebut, MMC akan mengadakan pasar Ramadhan yang bertempat di depan ruko Jl Kaliurang km 12, 5 atau lebih tepatnya di samping RM Aldan Candisari. Disana akan ada berbagai jajanan pasar dan menu untuk berbuka puasa (tentunya gak gratiss yaa 😁).Acara tersebut akan melibatkan warga dan kalangan lainnya untuk menjajakan makanan/minuman sebagai menu berbuka.

2. Pengajian menjelang buka puasa dan 'Takjilan'
    Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap sore dibulan Ramadhan selalu diadakan pengajian atau lebih tepatnya belajar membaca Iqro' dan Alqur'an bagi semua kalangan yang belum lancar sambil menunggu datangnya buka puasa di Mushola Al Hidayah Candisari. Untuk ustad/ustadzah dari MDTA Al Hidayah dan dibantu oleh rekan-rekan MMC yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Untuk menu buka puasa atau biasa disebut 'takjilan' sudah disiapkan oleh para warga yang bersedia untuk bersedekah.


3. Buka bersama seluruh warga
    Dilaksanakan setiap hari Minggu dan diawali dengan pengajian menjelang buka puasa oleh Ustad dari luar warga Candisari.


4. Pengajian malam Nuzulul Qur'an

5. Pembagian Zakat Fitrah
 
Zakat Fitrah

6. Takbir keliling
    Kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu khususnya bagi adek-adek karena setiap malam Takbiran, MMC selalu mengajak untuk takbir keliling dengan berjalan kaki mengelilingi padukuhan dengan menyalakan 'oncor' serta kembang api. 

Takbir keliling

7. 'Ujung bareng' pada hari raya Idul Fitri
     Pada saat hari raya Idul Fitri, MMC selalu bersama-sama untuk bersilaturahmi kerumah semua warga sehingga terlihat sekali kekompakannya. Silaturahmi dilaksanakan seusai 'sungkem' dengan keluarganya masing-masing. Di beberapa daerah mungkin untuk silaturahmi dilakukan setelah sholat Ied di Masjid/tempat pelaksanaannya, tetapi kami masih melestarikan kebiasaan kami untuk silaturahmi langsung ke rumah-rumah warga langsung setiap hari raya Idul Fitri.

Ujung bareng

8. Halal bil Halal Warga RW 10
Halal Bil Halal warga RW 10


Demikian sedikit kegiatan-kegiatan rutin kami menjelang bulan Suci Ramadhan sampai dengan hari raya Idul Fitri. Mohon maaf jika tulisannya acak-acakan 😁, Semoga dapat bermanfaat dan semoga di bulan suci Ramadhan tahun ini, kita semua memperoleh hidayah agar bisa lebih meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
MMC


Categories: , , ,

Leave a Reply