Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73 Kampung Candisari


Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73 Kampung Candisari


Tema "Dengan Semangat Kemerdekaan, Kita Tumbuhkan Kembali Semangat Gotong Royong Warga yang Telah Memudar" sepertinya belum cukup untuk bisa menggerakkan beberapa warga untuk kembali bergotong royong, hal itu terbukti dari partisipasi yang kurang dari beberapa warga pada persiapan serta pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh panitia peringatan HUT RI Ke-73 Kampung Candisari. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat Muda Mudi Candisari (MMC) patah semangat, lebih banyak warga yang dengan antusiasnya mengikuti seluruh rangkaian acara peringatan HUT RI Ke-73 kali ini. 


Agenda pertama yaitu jalan sehat dan lomba perang bantal yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2018. Jalan sehat diikuti oleh warga dari usia balita hingga lanjut usia, banyak doorprize yang disiapkan panitia bagi para peserta jalan sehat melalui undian kupon yang telah dibagikan sebelum jalan sehat dimulai. Setelah jalan sehat dan pembagian doorprize, ada lomba perang bantal, dimana pesertanya adalah anak-anak, pemuda serta bapak-bapak. Lomba ini adalah lomba yang pertama kali dilaksanakan di Kampung Candisari.

Agenda kedua yaitu senam sehat, cek kesehatan gratis serta lomba anak-anak, pemudi, serta ibu-ibu PKK yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2018. Untuk senam sehat dan cek kesehatan, kami bekerjasama dengan pengurus POSBINDU serta mahasiswa dari Poltekes Yogyakarta. Setelah pelaksanaan senam dan cek kesehatan dilanjutkan dengan lomba-lomba yaitu :
1. lomba mewarnai (anak-anak)
2. lomba makan kerupuk (anak-anak)
3. lomba sepeda lambat (anak-anak, pemudi, ibu-ibu)
4. lomba lari karung (anak-anak, pemudi, ibu-ibu)
5. lomba memasak (ibu-ibu dan pemudi)
6. lomba kreasi baju dari bahan daur ulang (ibu-ibu)

Agenda ketiga yaitu kenduri, malam pentas seni serta pembagian hadiah lomba yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2018. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk malam pentas seni kali ini kami barengkan dengan malam tirakatan/kenduri karena setelah kegiatan ini ada kegiatan hari raya Idul Adha. Acara dimulai dengan kenduri bersama setelah sholat maghrib, dimana setiap kepala keluarga diwajibkan menyediakan 2 dus makan untuk konsumsi pada acara malam pentas seni, tujuannya adalah warga bisa bergotong royong untuk menyediakan konsumsi (padune ngirit :D).
Acara dilanjutkan dengan pentas seni dan pembagian hadiah. Pada acara kali ini ada pertunjukkan  Jathilan anak-anak, Tari anak-anak, fashion show ibu-ibu PKK, koor ibu-ibu PKK, dan angkringan MMC.

Berikut dokumentasi kegiatan yang telah dilaksanakan .

1. Gotong Royong

2. Jalan Sehat


3. Lomba Perang Bantal


4. Senam Sehat dan Cek Kesehatan Gratis






Categories: , ,

Leave a Reply