Hasil Sensus Penduduk Kampung Candisari (Suspen) Tahun 2018



SENSUS PENDUDUK (SUSPEN) CANDISARI 2018







Penjelasan Umum Suspen Candisari 2018

Penjelasan Umum Kegiatan Suspen Candisari 2018 merupakan sensus penduduk di Kampung Candisari yang pertama kali dilakukan. Selain sensus penduduk, kegiatan ini juga untuk sensus usaha di wilayah Kampung Candisari serta pembagian kalender tahun 2018 dari Kampung Candisari secara gratis.

Sensus penduduk atau biasa disebut pencacahan penduduk, yaitu pengumpulan data/informasi yang dilakukan terhadap seluruh penduduk yang tinggal di wilayah teritorial suatu wilayah tertentu, dalam hal ini adalah wilayah Kampung Candisari. Hasil Suspen berguna sebagai bahan perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan.



Konsep/ Definisi yang Digunakan

Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu.

Sedangkan pengertian lain, “Penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan untuk menetap.” (sumber : BPS).



Waktu Pelaksanaan Suspen Candisari 2018

07 – 27 Januari 2018



Tujuan Suspen Candisari 2018

·         Mengumpulkan dan menyajikan data dasar kependudukan

·         Mengumpulkan informasi kependudukan yang dapat digunakan/dimanfaatkan untuk penyusunan basis data kependudukan.

·         Mengetahui jumlah Penduduk dan Pengusaha yang ada di wilayah Kampung Candisari

·         Memudahkan penyampaian informasi kepada seluruh masyarakat Kampung Candisari

·         Sebagai bahan perencanaan dan pembangunan jangka panjang





Variabel Utama
Nama, alamat, umur, jenis kelamin, status perkawinan, struktur anggota rumah tangga, pendidikan, ketenagakerjaan, status tempat tinggal, jenis tempat tinggal, kategori (penduduk/pengusaha), nama tempat usaha dan status tempat usaha.





Tipe Pengumpulan Data

Cross Sectional, yaitu data dikumpulkan pada saat tertentu dan menggambarkan suatu parameter pada saat itu juga



Petugas Pengumpul Data

Tim Suspen 2018, yaitu semua anggota Muda Mudi Candisari (MMC)



Keluaran Utama

Jumlah penduduk menurut karakteristiknya, meliputi: umur, jenis kelamin, pendidikan, agama, kewarganegaraan, pekerjaan, kategori (penduduk/pengusaha), rentang usia, dll.



Kuisioner Suspen Candisari 2018
 
Kuisioner Suspen Candisari 2018 – untuk Penduduk


 Kuisioner Suspen Candisari 2018 – untuk Pengusaha




HASIL SENSUS PENDUDUK (SUSPEN) CANDISARI 2018



Sensus Penduduk (Suspen) Kampung Candisari tahun 2018 telah dilakukan mulai dari tanggal 7 Januari dan berakhir pada tanggal 27 Januari 2018. Hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut diantaranya adalah :



1. Pemetaan untuk pelaksanaan sensus penduduk
Pemetaan Suspen Candisari 2018


2.   Aplikasi sederhana Sistem Informasi Kependudukan untuk input data, pelayanan surat administrasi kependudukan, laporan dalam bentuk tabel atau grafik, peta wilayah, dan pencarian data warga yang dibuat menggunakan program Microsoft Excel.


Halaman depan



Input data warga




Menu pencarian data warga


Hasil output pencarian data warga



Laporan dalam bentuk tabel dan grafik




3. Jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin
Sesuai hasil Suspen tahun 2018, jumlah penduduk Kampung Candisari pada bulan Januari 2018 sebanyak 492 penduduk yang terdiri dari 294 penduduk (60 %) berjenis kelamin laki-laki dan 198 penduduk (40%) yang berjenis kelamin perempuan.
























































4. Penduduk berdasarkan rentang usia
Sesuai hasil Suspen tahun 2018, rentang usia yang terbanyak antara usia 25 tahun sampai dengan 40 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk kampung Candisari rata-rata berusia produktif.


5.      Jumlah warga berdasarkan kategori (Penduduk dan Pengusaha)

Sesuai hasil dibawah, untuk presentase warga kampung Candisari terdiri dari 79% Penduduk dan 21% pengusaha.



 




Selain beberapa hasil diatas, masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pelaksanaan sensus penduduk dan usaha tersebut seperti mengetahui tingkat/jenjang pendidikan, agama, status tempat tinggal, dan lain sebagainya guna perencanaan dan pembangunan kampung Candisari.


Categories: , , ,

Leave a Reply